umroh plus turki 2018 paket umroh november paket umroh desember paket umroh ramadhan 2018 travel umroh jakarta timur daftar haji plus promo umroh 2018 paket haji plus 2018 paket umroh ramadhan travel umroh haji paket umroh akhir ramadhan

diposkan pada : 00-00-0000 00:00:00 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pulang dari Umroh Haji

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pulang dari Umroh Haji - Subhanallah, sampai detik ini banyak ribuan bahkan puluhan orang silih berganti berbondong-bondong memasuki kota suci umat Islam yaitu Mekah dan Madinah untuk melaksanakan rukun Islam kelima dan memenuhi panggilan Allah SWT.

Bahkan pesawat-pesawat yang membawa para jamaah umrah dari Indonesia hampir setiap hari silih berganti melakukan penerbangan dari Jakarta ke Jeddah, itu pun dalam kondisi full seat. Begitu antusias dan semangatnya masyarakat Indonesia berziarah ke kedua kota suci itu.

Padahal kita tahu bahwa ibadah ini sifatnya sunnah bagi orang yang mampu saja, bahkan sekarang ada metode yang dikembangkan untuk dapat memberangkatkan orang hanya dengan membayar uang muka saja, ini sangat murah ditambah dengan menjual paket perjalanannya. Sampai ada pula yang memaksakan diri harus berhutang untuk bisa pergi ke Baitullah. Sungguh sangat menyenangkan perjalanan ibadah ini. Hingga tibalah waktu kembali ke Tanah Air tercinta.


Operasional penyelenggaraan ibadah haji sudah memasuki tahap pemulangan. Untuk pemulangan jamaah haji di tiga hari pertama, khususnya dari Mekah ke Jeddah, Kementerian Haji Arab Saudi sudah mengeluarkan semacam surat edaran agar 12 jam sebelum take off pesawatnya, jamaah harus sudah diberangkatkan dari pemondokannya menuju Jeddah.

Oleh karena itu, Sehubungan dengan menjelang waktu pemulangan ke tanah air tersebut, para jamaah haji harus mengetahui bahwa ada banyak hal yang harus diperhatikan olehnya yaitu 3 hal diantara lain adalah:

 

  1. Jamaah umroh haji harus memastikan kelengkapan dokumen, seperti paspor dan boarding pass. Pastikan harus lengkap, tidak ada masalah. Jika ada kasus paspor atau boarding pass yang hilang atau tercecer. Segera laporkan ke ketua kloter agar segera dilaporkan ke kepala sektor. Kepala sektor nantinya akan melaporkan ke Daerah Kerja (Daker) untuk di komunikasikan dengan pihak asisten koordinator bidang imigrasi agar segera mengganti paspor yang hilang atau tercecer dengan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP). Jika boarding pass nya yang hilang, segera cetak boarding pass baru di airlens terkait pelayanan pemulangan. Kelngkapan dokumen menjadi titik penting untuk memastikan jamaah tidak megalami permasalahan ketika sampai di Jeddah dan naik pesawat.
  2. Jangan membawa air zam-zam, baik di dalam koper yang akan dibagasikan maupun di dalam tas yang akan di bawa ke kabin. Hal ini dikarenakan pihak maskapai sudah menyiapkan air zam-zam yang akan dibagikan kepada jamaah haji di masing-masing debarkasi. Sebaiknya Jamaah haji tidak memaksakan diri dengan “menyembunyikannya” di dalam koper dengan berbagai cara. Karena hal tersebut justru akan memperlambat pemberangkatan jamaah karena harus membongkar ulang kopernya dan itu akan berimbas pada pemberangkatan jamaah berikutnya.
  3. Jamaah umroh haji harus memeriksa kembali kelengkapan ibadahnya. Khususnya bagi para petugas kloter, baik ketua maupun Tim pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), diharapkan untuk mengecek ulang dan memastikan bahwa seluruh jamaah yang berada di kloternya masing-masing sudah melaksanakan rukun dan wajib ibadah hajinya.

 

Jangan sampai masih ada jamaah yang merasa ragu atau bahkan belum menyelesaikan salah satu rukun dan wajib hajinya. Itu menjadi titik perhatian untuk para TPIHI. Cek ke masing-masing ketua rombongan agar mencek ke masing-masing ketua regu.

 

 

 

 

tuliskan macam-macam makmum dalam shalat berjamaah
sebutkan perihal yang perlu diperhatikan dalam shalat berjamaah
bagaimana cara menyusun shaf yang benar
syarat syarat menjadi makmum
40 hari setelah umroh
malaikat pulang umroh
orang pulang haji diikuti malaikat
40 hari setelah pulang haji
ciri umroh mabrur
keajaiban setelah umroh
niat sholat pulang haji
yang harus disiapkan sebelum berangkat umroh

Artikel lainnya »

Artikel lainnya »