diposkan pada : 03-10-2017 10:32:33

Tata cara daftar haji plus - Haji menurut bahasa Arab yaitu “Hajj”, merupakan rukun Islam kelima. Dimana melakukan ibadah haji sendiri termasuk bentuk ritual tiap tahun bagi umat muslim yang ada di dunia, terutama bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk berkunjung dan melaksanakan ibadah haji. 


Pendaftaran Ibadah Haji


Tentunya merupakan sesuatu yang wajar jika tak sedikit calon jamaah yang tak begitu memahami tata cara daftar haji plus atau regular. Bahkan terkadang karena ketidaktahuan calon jamaah atau masyarakat seringkali disalahgunakan pihak penyelenggara tertentu. Penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia sendiri wajib mengikuti segala peraturan serta ketentuan dari pemerintah RI maupun Saudi tentunya Kementrian Agama RI. Tak jarang pula Jemaah haji lebih tergiur disalurkan lewat jalur penyelenggaraan ibadah haji lainnya dengan menjanjikan pemberangkatan lebih cepat dan proses lebih instan. Bahkan hanya diharuskan menunggu 1 tahun saja yang justru malah berakhir kekecewaan calon Jemaah haji yang tak jadi berangkat maupun terlantar di Arab Saudi. 

daftar haji plus


Dari itulah, para calon Jemaah haji harus benar-benar tepat memilih jasa penyelenggara ibadah haji dengan benar dan terpercaya agar tidak tertipu atau bahkan terlantar ketika di Saudi. Sebenarnya terdapat 2 cara melakukan ibadah haji aman, terpercaya, dan nyaman bahkan telah memperoleh perlindungan langsung dari pemerintah RI. Dimana masing-masing memiliki kelebihan kekurangan yang pastinya memberikan manfaat bagi Jemaah haji itu sendiri. 


Tata Cara Daftar Haji Plus


Paket haji plus atau ONH plus bisa didaftarkan oleh calon Jemaah yang ingin berangkat haji lewat jasa penyelengaraan travel haji yang telah mengantongi izin Departemen Keagamaan. Paket haji plus ini memiliki program perjalanan yang lebih singkat paling maksimal selama 27 hari, mendapatkan bimbingan manasik haji plus dan fasilitas hotel bintang 5. Adapun tata cara daftar haji plus ini diantaranya :

  • Untuk proses pendaftaran serta pembayaran haji plus/ONH plus, calon haji supaya memperoleh kuota wajib melakukan pendaftaran terlebih dulu di Kementrian Agama setempat untuk memperoleh SPPH (Surat Permohonan Pergi Haji), lalu menyetorkan uang setoran awal sekitar USD 4.000 menuju bank penerima setoran ibadah haji yang telah ditunjuk oleh pemerintah untuk memperoleh nomor kuota. Dimana proses atau teknis permohonan SPPH serta penyetoran dapat dilakukan pihak travel penyelenggara haji supaya masuk pada koridor kuota BPIH secara khusus tiap tahunnya yang dialokasikan sekitar kurang lebih 16.000 calon Jemaah haji.
  • Sesudah memperoleh nomor kuota haji yang telah teretra dalam bukti setoran haji, maka calon Jemaah pun bisa menyerahkan persyaratan ibadah haji langsung pada pihak travel penyelenggara ibadah haji plus.
  • Pelunasan biaya untuk perjalanan haji yaitu sekitar 3 bulan sesudah caon Jemaah mendapatkan kepastian dari nomor kursi antrian hajinya dan bisa pergi pada waktu musim haji sesuai yang telah diputuskan. 

 

Tata Cara Daftar Haji Reguler

  • Pada haji regular, sebaiknya pihak calon jamaah mulai mencari serta memperoleh informasi pendagttaran haji lewat bank penerima setoran ibadah haji, misalnya saja Bank Jabar Syariah, Bank Mandiri Syariah, Bank BNI Syariah, BRI Syraiah, Bank Permata Syariah dan lain sebagainya, yang sudah bekerja sama dan ditunjuk secara langsung oleh Departemen Agama sebagai penerima setoran haji.
  • Umumnya calon Jemaah pun akan diarahkan untuk membuka buku tabungan haji, dengan saldo awal minimum 1 juta rupiah. Ketika periode tabungan tersebut telah mencapai sekitar Rp. 25 juta, maka calon Jemaah pun akan diuruskan SPPH-nya lalu kemudian disetorkan untuk mendapatkan kuota haji. Selain itu, pastinya sudah masuk pada daftar antrian atau kuota waitinglist dimana kini antrian untuk haji regular sendiri sudah mencapai 7-15 tahun untuk masing-masing provinsi yang ada di Indonesia.
  • Setelah mendapatkan nomor kuota haji, sebagai tanda bahwa Anda sudah siap untuk pergi haji pada tahun musim haji ketika pelunasan. Lalu calon Jemaah haji pun langsung menyerahkan persyaratan administrasi ke kantor Departemen Agama Kabupaten maupun Kota tempat domisilinya. Dalam hal ini, calon Jemaah haji bisa meminta batuan kepada beberapa yayasan yang telah ditunjuk oleh Departemen Agama dalam membantu memberangkatkan ibadah haji lewat penambahan biaya khusus. Bagi calon Jemaah haji wanita yang sedang hamil akan dibatalkan pelunasan ibadah hajinya dan akan diberangkatkan sesudah menikah.
  • Adapun kriteria administrasi persyaratan ibadah haji yang harus diberikan yaitu KTP yang berlaku, beragama Islam, pas foto berukuran 2 x 3 dan 4 x 6 sebanyak 16 lembar, dalam keadaan sehat, bagi calon haji perempuan dibarengi oleh muhrimnya, mengisi formulir SPIH, sudah mendapatkan nomor kuota hajii dan telah melunasi BPIH.

Biasanya jumlah dari biaya BPIH untuk tiap provinsi sendiri tidaklah sama tergantung area embarkasi di tiap-tiap daerah yang telah ditetapkan sesuai zona provinsinya,


Paket Haji Plus Travel Al-Hijaz


Salah satu agen travel haji plus yang terpercaya dan sudah mendapatkan izin resmi dari Depag adalah Alhijaz Indowisata dengan website http://paketumrohhaji.com. Untuk persyaratan daftar haji plus di agen travel ini diantaranya :

  • Fotokopi paspor
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi KTP
  • Foto berwarna berlatar belakang putih dengan wajah diperbesar sekitar 80%, untuk ukuran 4 x 6 sebanyak 15 lembar dan 3 x 4 sebanyak 15 lembar.
  • Uang muka haji plus untuk memperoleh nomor porsi sebesar USD $ 5000 dengan rupiah.
  • Pelunasan berdasaran pengumuman pemerintah RI, yakni diumumkan sekitar 6 bulan sebelum pemberangkatan.

Harga paket Haji onh plus terbagi ke dalam 3 kelas, yaki quard USD $ 8.5000, triple USD $ 9.000, dan double USD $ 9.500. Untuk biaya sendiri sudah termasuk biaya transportasi darat dari Madinah Mekah dan Jeddah, tiket pesawat berkelas ekonomi pulang pergi, perlengkapan untuk ibadah haji, makan 4 kali sehari menu makanan Indonesia, ziarah Mekah dan Madinah serta City Tour Jeddah, terdapat mutawif atau pembimbing ibadah, air zam-zam dan akomodasi hotel. Sementara biaya belum termasuk DAM Haji Tamattu, Pembuatam passport dan pengeluaran pribadi seperti telephone, partier, laundry, kursi dorong dan tips. Itu dia ulasan mengenai daftar haji plus dan regular dengan lengkap, semoga bermanfaat!

 

Artikel lainnya »

Artikel lainnya »